Kamis, 11 Agustus 2022

Rasanya : Jadi Anak 7 - 12 Tahun

 Kembali lagi dengan Rasanya. Kali ini menceritakan tentang apa yang kurasakan saat umurku 7 - 12 tahun (masa SD).

Ini adalah masa-masa yang amat krusial di hidupku.

Setelah 3 tahun TK, aku masuk SD di umur 7 tahun. Aku di tes membaca dan berhitung, saat itu ibu mengantarku dan terlihat cukup tenang dan senang karena tes berjalan lancar. Syukur, aku lulus dan masuk kelas A. Sekolahku bersebelah dengan sekolah lain, lapangan kami berada di tengah dan ruang kelas mengelilinginya. Aku tidak begitu ingat bagaimana aku menjalani tahun pertama dan kedua, tapi aku cukup ingat di tahun ketiga hingga tahun terakhir.

Saat kelas tiga, kelas kami mendapatkan kelas tambahan (les) dari wali kelas kami, hampir semua anak mengikuti les ini. Saat itu adalah prestasi terbaikku selama SD. Aku peringkat 3. Yey!! hahaa.

Aku juga ingat di tahun itu, ibu membagikan nasi kuning ke teman-teman untuk syukuran ulang tahunku. Saat itu aku sangat senang, akhirnya aku bisa merayakan ulang tahunku seperti teman-teman yang lain. Seorang teman bahkan memberiku hadiah aksesori rambut, karena itu. Keadaan keluarga kami saat itu cukup sulit untuk melakukan hal semacam ini, tapi orang tuaku tetap melakukannya. Aku rasa keputusan mereka saat itu tidak lain karena aku yang sering sedih karena tidak di ijinkan untuk menghadiri acara ulang tahun teman-temanku. Alasannya? when we going to someone birthday, we need to bring present to respect them. Most of the time i can't going there because i can afford things for them.

Ya, begitu. Jadi sering banget tuh yang namanya missing out, ngga ngerti temen-temenku ngomongin apa, ya karena yang di omongin moment yang ngga ada aku. Sedih? dulu iya, jadi outsider itu ngga gampang. 

Time flies. Kelas 4, adalah tahun pertama (dan satu-satunya kalo ngga salah) aku ngga dapet peringkat top 10 di kelas. Sedih? iyalah... sampai disini kalian mesti mikir ini orang udah ambis dari SD, padahal iya. wkk becanda. Setiap kali dapet ranking di kelas, bapak dan ibuku seneng banget cuy ya meskipun ga dapet rangkingpun mereka B aja, jadi kalo ga dapet rangkingkan momentnya ilang wkk... intinya aku jadi seneng belajar karena lihat orang tuaku seneng lihat aku rangking.

Kelas 5, suatu siang saat jam istirahat. Aku beli mie sakura goreng yang di tempatin di gelas pake sumpit ala-ala. Waktu itu beli jajan kaya gitu itu super mewah buat aku cuyyy... ah jajan mewah lainnya adalah sosis goreng apalagi kalo belinya sebuah (biasanya dipotong 2 ya, 1 nya 500 kalo 1 sosis 1000) biasanya aku lebih milih beli tempura di banding sosis, menurutku lebih worth it karena ada rasa ikannya (sosis lebih berasa tepung wkk). Kembali ke mie sakura goreng wkkk. Setelah beli mie, aku meletakan mie itu di mejaku, teman-temanku yang iseng mengatakan akan memakannya or at least ngicipi lahh... tapi somehow aku kesel hahaaa.... terus aku bilang kalo kalian pegang aja bakal kubuang mienya. Kutinggallah mieku sendirian, dan cuci tangan sebentar di kran air depan kelas. Nah masuk masuk temenku iseng tuh megang mieku sambil pura-pura makan atau udah dimakan, aku juga ngga tau wkk... tapi aku kesel hahaa... mie yang belum tentu bisa kebeli dengan uang jajan seminggu ini di makan / diicipin sebalum aku yang ngerasain, aku marah hahaa...  mie goreng sakura gelas mewahku itu aku rebut dari mereka dan kubuang ke sampah dengan marah. Dengan mata berkaca-kaca ku kemasi barang-barangku dan pulang. DRAMA!!! ๐Ÿ˜‚

Nah kalo kalian tanya, kenapa mienya ga dibawa aja? ga bisa bestie karena ngga tau mau di taro dimana pas cuci tangan, yang ada numplek itu mie mewahku, tapi kalo dipikir-pikir lagi ya lebih baik mie itu numplek daripada dibuang ke sampah ya? BODOH ๐Ÿ˜‚

Diperjalanan pulang aku menyesal, dan baru mikir "lo aku ga melu les akhir e, mbolos lak an? sesuk nek di takok i bu guru aku jawab opo? " makin jadi lah saya nangis hahaa... Ngga begitu inget gimana akhirnya respon ibu guru, atau ibuku saat aku pulang. Yang jelas ngga ada yang isengin atau ganguin aku setelah itu dan banyak juga orang yang ngga mau jadi temen setelah itu ya bestie... tapi somehow aku oke-oke aja dengan keadaan itu.

Oiya ada kejadian lain soal makanan, dan  bukan kejadian buruk, tapi tetep DRAMA ๐Ÿ˜‚ hahaaa. To be noted, uang jajan aku terbatas yaa... daripada ngasih uang jajan biasanya ibuku nganter makanan ke sekolah, jadi karena itu jarang dikasih uang jajan. Jadi beli jajan itu adalah momen berharga bagiku, jadi mohon agak pengertiannya soal kejadian mie sakura sebelumnya wkk (ALASAN!! ๐Ÿ˜‚)

Waktu itu aku pengen banget tuh makan martabak yg di kasih susu sama meses ini juga termasuk jajanan mewah yaa (bagiku) harganya kisaran 2-3 ribuan (kalo ngga salah), butuh 3-5 harian nabung buat beli jajan ini. 

Suatu hari akhirnya keturutan tuh buat beli, dengan senang dan hati-hati kubawa martabakku dengan dua tangan, berjalan di koridor menuju kelas. Tiba-tiba sebuah bola sepak menghantam martabaku. Kaget dan lemes, 5 harian nabungku sia-sia, martabak itu bercampur dengan tanah. Coba kalau itu tempura, aku masih bisa cuci dan makan, tapi ini martabak. Kalaupun dicuci kemungkinan tanah-tanahnya udah masuk ke pori-porinya (karena porinya gede). Kira-kira begitulah pikirku sembari menahan tangis melihat martabak itu.

Don't know what to do, aku balik ke kelas. Kali ini aku ngga marah kaya kejadian mie sakura, bahkan ngga sempet lihat muka yang nendang bola saking lemesnya lihat martabakku. Sekuat tenaga nahan tangis pas nyampe kelas, tapi ujungnya nangis juga. Wajahku kuhadapkan meja dan  kusembunyikan dengan melipat siku dua tanganku, ala-ala kalo mau tidur dikelas gitu. 

Beberapa saat kemudian wkkk... ada orang yang dateng ke kelas dan bawain aku martabak yang sama, karena aku malu aku ngga berani lihat muka orang itu cuy... padahal aku ga salah yaa wkk.. aku cuman lirik dikit hahaa... sebatas tau kalau yang nendang bola anak cowok sekolah sebelah, ngga tau kelas berapa. Pas kurasa orangnya udah pergi akhirnya aku ngelirik martabak penganti eyaaa hahaaa, aku ngga inget jumlahnya sama apa ngga, diganti aja aku udah seneng, tapi seingetku mesesnya beda wkkk.. entah kenapa rasanya ngga seenak saat aku ngebayangin makan martabak yang kubeli pake uangku sendiri tadi. Eh apa karena mesesnya beda?? wkk bercanda yaa...

Baiklah kita akhiri soal dunia makanan ini, next.

Kelas 6, kehidupan mulai berat disini cuy. The reality hit me hard hahaa.. canda..

Ini tahun terakhir di SD, tahun dimana kita bukan anak-anak dan bukan remaja hahaa... Tahun dimana aku udah mulai ngerti apa intensi dari omongan orang-orang di sekitarku.

Salah satu kejadian yang membekas, tahun itu adalah tahun pertama ujian nasional diterapkan untuk SD. Saat itu rangkingku lumayan, sekitar 7-8 dari 50an. Waktu itu ada kesempatan try out dari provinsi, tapi buat dapetin kesempatan itu ada seleksi dari kabupaten. Kita tes bareng-bareng semacam ulangan, tapi bakal di koreksi oleh kapupaten. 

Fortunately, aku masuk dalam list orang yang dikasih kesempatan buat try out itu. Aku seneng banget, ngga nyangkakan, nilaiku yang biasanya ngga termasuk bagian terbaik bisa lulus. Otherwise, ini menimbulkan kecurigaan dari temen-temenku dan guru, gimana aku bisa dapet peringkat yang cukup tinggi di tes itu(seingetku aku nomor 3 di kelas dan rangking kabupaten juga cukup baik diluar ekspektasi lah pokoknya). Akhirnya try out provinsi berjalan dan kemudian hasilnya keluar, dan nilaiku B aja di banding 2 temanku yang lain (ngga sebagus di tingkat kabupaten), hasil ini dirangking seprovinsi dan ada rangking sekabupaten juga. Aku ingat ada komentar "nah kan". Seolah B aja adalah nilai yang pantas untukku. Berkat komentar itu (salah satunya), Aku sadar bahwa aku ngga suka dan ngga mau jadi Biasa aja.

Banyak momen di kelas 6 ini yang masih aku inget dan banyak mempengaruhi dan membentuk Eri saat ini, tapi tidak bisa diceritakan semuanya, karena lelah ngetiknya sobat hahaa...

Oke sekian post kali ini, See you!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sangat menerima kritik apalagi yang membangun :D
NO SARA dll yg melanggar hukum, nilai dan norma di Indonesia